RSS

Sejarah Brunei

30 Dec

Menurut catatan Tiongkok dan Arab kesultanan Brunei Darussalam telah ada sejak abad VII atau VIII Masehi, yang kemudian ditaklukan oleh kerajaan Sriwijaya pada abad IX dan kemudian mengusai kalimantan dan Philipina, setelah itu dikuasai oleh kerajaan Majapahit. Tetapi dapat memerdekakan diri menjadi negara yang maju.
Kesultanan Brunei Darussalam mencapai kejayaan pada abad XV sampai dengan abad XVII terutama pada kesultanan ke 5 yaitu Bolkiyah 1473-1521 yang telah dapat menaklukan Manila. Dan pada masa pemerintahan Hassan (1605-1919) dan telah dapat mengembangkan system kerajaan hingga masih dilakukan saat ini.Pada tahun 1839 pemerintahan Hassan mulailah kehancuran yang dilakukan oleh pengaruh kolonial Eropa, Seorang petualang Inggris James broke menolong kesultanan brunei dibawah pemerintahanya dan sebagai imbalanya dia dijadikan gubernur, walaupun dia melakukan hal itu dia tidak pernah mengambil alih kekuasaan wilayah brunei, Pada 1888sampai 1906, Brunei menjadi negara lindungan pemerintah Britania Raya. Pada 1959, pencanangan undang undang baru ditulis Brunei sebagai negara yang memerintah diri sendiri.pada 1962 untuk memperkenalkan sebuah badan legislatif yang sebagian anggotanya dipilih dan memiliki kekuasaan terbatas dibatalkan setelah partai politik oposisi Partai Rakyat Brunei meluncurkan pemberontakan bersenjata,
Pada 1967, Omar Ali Saifuddin turun tahta untuk anak laki-lakinya yang kedua, Hassanal Bolkiah, yang menjadi penguasa ke-29.mantan sultan tetap menjadi menteri pertahanan dan mengambil gelar Seri Begawan.Pada 1970, ibu kota Brunei Town diganti namanya menjadi Bandar Seri Begawan untuk menghormatinya. dan beliau meninggal pada tahun 1986.
Pada 4 Januari 1979, Brunei dan Britania Raya menandatangani sebuah perjanjian persahabatan dan kerjasama baru. Pada 1 Januari 1984, Brunei Darussalam menjadi negara merdeka.

 
Leave a comment

Posted by on December 30, 2010 in Sejarah Brunei Darussalam

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: